Sejarah LPDP Victoria

LPDP Victoria yang dahulunya bernama LPDP Melbourne didirikan pada tanggal 8 Maret 2014. Tgl ini diambil untuk memperingati acara welcoming LPDP Victoria yang pertama di Princess park yang dihadiri oleh 11 orang awardee. Sebelumnya di tahun 2013, LPDP Melbourne hanya memiliki 3 orang awardee, 1 orang awardee di masing-masing universitas (University of Melbourne,  Monash University dan RMIT). Qorib Munajat (PK-2) merupakan awardee LPDP Melbourne pertama yang tiba diakhir Juli 2013 dan berkuliah di University of Melbourne. Sampai sekarang, LPDP Victoria telah berkembang hingga memiliki lebih dari 200 anggota dengan prosentase awardee: Monash Univesity (48%), University of Melbourne (40%), RMIT (10%) dan Deakin dan La Trobe (2%)

LPDP Victoria memiliki beberapa program, antara lain:

  1. Buddy LPDP.

Program ini bertujuan untuk mempercepat proses adaptasi mahasiswa baru LPDP yang baru tiba di Australia, khusus nya di Negara bagian Victoria.  Buddy LPDP bersifat sukarela, mahasiswa lama (paling tidak sudah satu semester di Melbourne) mendaftar melalui koordinator kampusnya untuk menjadi buddy. Mahasiswa baru dapat mengontak buddy sejak di Indonesia dan dapat bertanya hal hal yang perlu dipersiapkan untuk keberangkatannya ke Melbourne dan pertanyaan lain yang bersifat akademik. Bagi mahasiswa baru yang akan berangkat ke Melbourne dapat bergabung dengan grup Facebook LPDP Melbourne untuk mengetahui koordinator-koordinator LPDP di tiap-tiap universitas di negara bagian Victoria dan mendaftar untuk dicarikan buddy nya

Setibanya di Melbourne dan daerah lain di Negara bagian Victoria, mahasiswa baru akan bertemu dengan buddynya apabila sudah mendaftarkan diri melalui koordinator kampus sebelum keberangkatannya ke Melbourne. Tugas buddy yang utama adalah membantu mahasiswa baru dalam proses awal  di kampus, antara lain: enrolment untuk mendapatkan kartu mahasiswa dan pengenalan kampus secara kesuluruhan. Proses mentoring lainnya yang tak kelah penting adalah pembukaan rekening bank, no telpon, info akomodasi dan pengenalan kota Melbourne secara umum. Sampai saat ini program buddy yang sudah berjalan terdapat di tiga universitas, yaitu: Monash University, University of Melbourne dan RMIT University.

  1. Welcoming LPDP Victoria

Welcoming LPDP Victoria bertujuan untuk menyambut mahasiswa baru di wilayah LPDP Victoria, seperti: Monash University, University of Melbourne, RMIT University, Deakin University dan La trobe University. Welcoming LPDP Victoria diadakan dua kali setiap tahunnya untuk semester 1 (Maret) dan semester 2 (Agustus). Di welcoming LPDP Victoria akan diperkenalkan beberapa kegiatan yang ada di Melbourne seperti: pengajian LPDP, Saman Melbourne, Bhineka, Melbourne movie club, Melbourne acoustic club dll. Di acara ini juga akan ada unjuk bakat para awardee dan sesi diskusi untuk berbagi pengalaman baik akademik maupun non akademik

  1. Roundtable LPDP

Tujuan awal diadakannya roundtable LPDP adalah untuk saling bertukar informasi tentang riset, tugas kuliah atau isu-isu terkini yang berkaitan dengan akademis dan Indonesia sehingga para penerima beasiswa LPDP di Victoria dapat berdiskusi dan berkolaborasi. Sekarang ini LPDP Victoria memiliki dua roundtable yang di koordinir oleh awardee LPDP di RMIT dan University of Melbourne untuk wilayah city dan sekitarnya serta oleh awardee LPDP Monash University untuk daerah Clayton dan sekitarnya. Roundtable di kedua wilayah tersebut biasaya di adakan satu bulan sekali. Para awardee LPDP yang ingin menjadi presenter bisa mendaftarkan judul dan abstraknya untuk direview apakah sesuai dengan topik roundtable bulan itu dan layak dipresentasikan. Setiap presenter akan diberikan waktu 20 menit untuk presentasi serta 10 menit untuk tanya jawab dengan peserta.

Para awardee LPDP lainnya juga dapat hadir untuk menjadi peserta saja dengan mendaftarkan diri melalui panitia roundtable.  Setahun sekali roundtable di kedua wilayah tersebut akan digabung dan guest speaker akan diundang sebagai pemateri di acara tersebut.

  1. Blog LPDP Victoria

Blog LPDP Victoria adalah media untuk berbagi pengalaman baik akademik maupun non akademik yang ditulis oleh para awardee LPDP Victoria. Blog ini sekarang berkembang menjadi blog LPDP Australia yang mewadahi awardee LPDP di seluruh Australia.

  1. Pemilihan Lurah LPDP Victoria dan koordinator LPDP tiap universitas

Pemilihan Lurah LPDP Victoria dan koordinator-koordinator tiap-tiap universitas (Monash University, University of Melbourne dan RMIT Univerity) diadakan setiap tahunnya. Mekanisme dari pemilihan lurah LPDP Victoria adalah setiap calon koordinator mengajukan diri untuk dipilih oleh para awardee LPDP lainnya disetiap universitas. Pemilihan disetiap universitas dilakukan melalui musyawarah. Tiga Koordinator yang terpilih disetiap universitas (Monash University, University of Melbourne dan RMIT University) akan bermusyawarah untuk menentukan lurah LPDP Victoria yang baru. Lurah yang terpilih akan juga merangkap menjadi salah satu koordinator di universitasnya. Lurah dan koordinator setiap universitas yang terpilih akan membentuk pengurus inti untuk program LPDP Victoria lainnya, seperti: buddy, roundtable, welcoming dan blog.

Tugas lurah dan koordinator setiap universitas yang terpenting adalah sebagai penghubung dengan pihak LPDP di Jakarta apabila terdapat keterlambatan pencairan living allowance dan tuition fee para awardee LPDP Victoria. Para awardee LPDP Victoria dianjurkan selalu berkoordinasi dengan koordinator di setiap universitasnya atau dengan lurah LPDP Victoria apabila terdapat masalah yang dapat menggangu proses akademik di kampusnya

 

Ditulis oleh Anggit Tetuko.

Foto oleh Susan Krisanti

Penulis adalah mahasiswa di RMIT University dan memiliki hobi menulis lagu. Beberapa karyanya bisa didenger di link berikut

https://soundcloud.com/anggit-tetuko

https://soundcloud.com/smiley_shade

457 total views, 1 views today

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *