Kebutuhan Biaya Pemberangkatan Keluarga ke Australia

Bulan Desember-Januari pasti teman teman yang akan intake bulan Februari 2017 sedang repot repotnya mempersiapkan keberangkatan menuju ke negara tujuan (Australia). Bagi yang single, tentunya persiapan lebih simple dibandingkan yang akan memboyong keluarga, untuk itu student yang berencana membawa keluarga membutuhkan sederetan persiapan jauh jauh hari, terutama persiapan secara finansial.

Dana apa aja yang kita butuhkan untuk memboyong keluarga ke Australia, khususnya ke Melbourne? Catatan ini dibuat semata mata untuk memberikan informasi agar awardee LPDP yang akan memboyong keluarga dapat mempersiapkan kebutuhan dananya sebelum keberangkatan, karena mengingat nilai nominalnya yang cukup fantastis. Nilai nominal berikut berdasarkan pengalaman penulis saat memboyong keluarga pada bulan Februari – Maret 2016.

Kebutuhan untuk spouse, tanpa anak:

  1. Visa: 3.500.000
  2. Medical Check Up: Rp750.000
  3. Tiket Jakarta Melb: Rp5.000.000
  4. Asuransi Kesehatan, single top up suami/isteri untuk 2 tahun AUD 2.500

Jadi kurang lebih biaya pokok yang dibutuhin Rp35.000.000

Kebutuhan untuk membawa keluarga (suami/istri) dan 2 anak dapat dirinci sebagai berikut:

PERSIAPAN :

  1. Pengurusan Visa : Rp. 10.500.000
  2. Medical Check Up, dewasa Rp.750.000, anak Rp.500.000,
  3. Biaya transportasi ke Rumah Sakit yang ditunjuk kurang lebih Rp.1.000.000 (tergantung daerah, contoh dari Bandung ke Jakarta (RS Premier Jatinegara Jakarta)
  4. Asuransi Kesehatan selama 2 th, top up multi family AUD 3.700 (asumsi 1 AUD=Rp.10.000) = Rp.37.000.000
  5. Pendidikan anak, jika usia anak kurang dari 3 th, tidak membutuhkan biaya sekolah. Biaya sekolah TK untuk anak usia 3th di Clayton area $370 per term (2,5bulan), biaya sekolah Primary School $8.600 per year. Bagi penerima beasiswa AAS dan mahasiswa research (PhD dan master by research) biaya Primary School digratiskan oleh pemerintah Australia. Master by course work tetap harus membayar biaya sekolah.
  6. Tiket Jakarta Melb, asumsi @ Rp.5.000.000, total Rp.15.000.000

Jadi kurang lebih untuk persiapan minimal Rp.160.000.000 harus disiapkan sesuai kondisi diatas.

So.. persiapan keberangkatan bagi yang akan membawa keluarga tidak hanya IELTS, LOA, dll  namun juga dana agar impian belajar bersama keluarga bisa terwujud. Bagi saya, jumlah di atas cukuplah fantastis, berasa seperti mempersiapkan uang untuk membeli Rumah Impian 🙁 Jangan lupa mengencangkan ikat pinggang, menabung jauh jauh hari, dan mengumpulkan segala resources agar dana dapat terkumpul.

Yakinlah teman, segala pengorbanan kita akan berbuah manis, insyaAllah proses belajar kita akan lebih mantap dengan adanya keluarga disamping yang men-support kita. Selalu berdoa dan berusaha dalam setiap langkah, agar Tuhan mempermudah segala upaya kita. Amin

Setelah dana PERSIAPAN, dana SETTLEMENT pun harus disiapkan, untuk memastikan keluarga kita bisa hidup layak di negara Kanguru. Ulasan dana settlement akan dimuat di artikel selanjutnya.

Selamat berjuang untuk mewujudkan impianmu 🙂

 

Kontributor:

Herlina Ratna Ekawati – Master of Accounting di Monash University. Blog pribadi herlinare.com

1,634 total views, 3 views today

Share This:

2 thoughts on “Kebutuhan Biaya Pemberangkatan Keluarga ke Australia

  • Senang bisa membaca tulisan mbak Lina di blog LPDP Victoria. Sy berencana utk melanjutkan studi di Monash, dan membawa keluarga saat masa studi. Kalo dilihat dari besaran biaya kberangkatan anggota keluarga, sangat mahal sekali ya mbak. Apakah tdk ada bantuan transportasi dari LPDP utk anggota keluarga? Oh iya, besaran biaya hidup yg ditanggung oleh LPDP berapa ya mbak? Apakah cukup utk biaya keluarga (1 istri dan 2 org anak)? Thanks before.

  • Salam kenal mba, kebetulan bgt nemu tulisan mba ini lagi cari2 apa aja yg dibutuhin kl memboyong keluarga pas ambil beasiswa.. Fantastis bgt ya angkanya, kl asuransi kesehatan itu wajib kah mba? Maaf aku buta bgt nih, lalu kalo tunjangan yg diberikan lpdp itu menyangkut apa aja ya mba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *