Dana Settlement keluarga

Hi Awardee LPDP,

Akhir Januari merupakan masa masa yang menegangkan bagi awardee yang sebentar lagi meninggalkan tanah air untuk melanjutkan sekolah di Melbourne. Teman teman pastinya sedang sibuk sibuknya membereskan urusan urusan di Indonesia dan bersiap siap menuju Melbourne.

Melanjutkan postingan sebelumnya tentang Kebutuhan Biaya Pemberangkatan Keluarga ke Australia postingan berikut akan membahas dana settlement yang dibutuhkan bagi awardee yang membawa keluarga ke Melbourne. Nilai nominal berikut berdasarkan pengalaman penulis pada bulan Maret 2016.

Akomodasi

Untuk family biasanya akan menyewa rumah, karena alasan privacy. Biaya sewa rumah disini rata rata per bulan kurang lebih $1.700 (rumah dengan 3 kamar+frontyard+backyard), ditambah dengan bond 1x nilai sewa rumah $1.700 yang dibayarkan sekali pada saat perjanjian sewa rumah kepada agen atau landlord (pemilik). Biaya akomodasi dapat ditekan dengan memilih akomodasi bertipe unit, dengan rata rata biaya $1.200-$1.500 (unit dengan 2 kamar), biasanya tipe ini tidak mempunyai backyard, dan lebih sempit dibanding tipe rumah diatas. Jangan lupa ditambah dengan biaya jaminan/bond  1x nilai sewa rumah $1.200-$1.500

Setelah kita menemukan rumah idaman, tentunya kita harus membeli perlengkapan kebutuhan rumah tangga (furnitur, elektronik), dengan asumsi mendapat barang second hand harga berkisar $600-$1.000 (barang baru pasti lebih tinggi biayanya).

Sehingga kebutuhan untuk akomodasi tipe rumah kurang lebih berjumlah $4.200 ($1.700 biaya sewa bulan pertama+bond $1.700+furniture $800). Untuk tipe unit kurang lebih berjumlah $3.200 ($1.300 biaya sewa bulan pertama+$1.300 bond+furniture $600). Dari perbandingan di atas, tipe unit lumayan menghemat budget $1.000.

Semua biaya sewa rumah belum termasuk tagihan rumah tangga; gas, listrik, internet, air, dengan asumsi per bulan biaya tersebut berkisar $70 x 4 tagihan : $280 per month saat summer, biaya tersebut pastinya akan naik saat winter, karena pemakaian gas dan listrik untuk keperluan heater/penghangat ruangan, biaya gas dan listrik akan naik 2-3x tergantung pemakaian.

Contoh rumah dengan halaman depan dan 3 kamar

Biaya Hidup

Setelah kita menyiapkan biaya untuk akomodasi, tentunya kita juga harus berpikir biaya hidup untuk memenuhi kebutuhan primer lainnya.

  • Makanan (asumsi memasak) $200 per week , $800 per month
  • Mobile Phone (suami istri) $100
  • Transportasi $100 per month

Sehingga biaya hidup di luar akomodasi yang harus kita siapkan berkisar $1.000 per month.

Biaya diatas tentunya akan berbeda antara satu keluarga dengan lainnya bergantung dari gaya hidup.

Jangan lupa untuk cermat menghitung pemasukan (beasiswa) dan pengeluaran, jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang.

 

Selamat berjuang untuk mewujudkan impianmu 🙂

 

777 total views, 3 views today

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *