March 2, 2017

Buku Saku – Telecommunication

Kita akan dimanjakan oleh akses komunikasi selular di Australia. Menurut data OpenSignal Q4 tahun 2015, Australia termasuk peringkat ke sembilan dunia untuk kecepatan akses data selularnya (kecepatan rata-rata 24 mb/s). Berapa pilihan operator utama yang tersedia di Australia: Telstra, Optus, Virgin Mobile, dan Vodafone. Masih menurut data OpenSignal, Telstra merupakan yang tercepat (29 mb/s), sekitar 30% lebih cepat dari Optus (19 mb/s) dan Vodafone (17 mb/s) —tidak ada informasi untuk Virgin Mobile.

Meskipun kecepatan akses data sangat penting saat ini. Menentukan pilihan operator tentunya tidak hanya berdasarkan kecepatan akses. Sistem operator disini memberikan layanan telekomunikasi dalam bentuk paket. Kita tidak bisa hanya dengan membeli pulsa seperti di Indonesia. Misalnya, Telstra menawarkan dengan $30 Kita mendapatkan $700 pulsa untuk menelpon, gratis menelpon ke seluruh Telstra, unlimited SMS ke seluruh operator, 3Gb data, dan $2 untuk sambungan internasional. Jadi, selain kecepatan akses, beberapa faktor lain perlu dipertimbangkan, termasuk di antaranya biaya bulanan, kuota data yang ditawarkan, dan fitur-fitur lainnya.

Telecommunication Plan

Sebelum membahas lebih dalam tentang pilihan operator dan paket yang ditawarkan, sebagian dari Kita mungkin membutuhkan SIM card sementara saat sampai di Melbourne. Ini akan sangat berguna untuk berkomunikasi ketika sampai di Melbourne, baik itu dengan landlord maupun dengan awardee yang telah berada di Melbourne. Sebagian mungkin sudah mendapatkan SIM card ini lewat agen pendidikan di Indonesia.

Bagi yang belum mendapatkan, Kita bisa mendapatkan pre-paid SIM card di Bandara Melbourne. Optus berada di Terminal International T2 Bandara Tullamarine. Telstra berada di Terminal Kedatangan Domestik. Jika hanya untuk kebutuhan sementara, Kita tak perlu bingung memilih salah satunya.

Namun, jika tujuan ketika sampai di Melbourne sudah jelas, ada yang menjemput di bandara, maupun menggunakan jemputan gratis dari kampus; Kita seharusnya aman tanpa membeli SIM card di bandara. Jaringan WiFi di bandara Melbourne dapat Kita gunakan untuk berkomunikasi selama berada di bandara. Siapkan alamat e-mail dan kode pos lokasi Kita tinggal di Melbourne untuk mendapatkan akses internet.

Memilih Operator

Telstra merupakan operator selular terbesar di Australia dengan pangsa pasar 40 persen, disusul Optus (12%), Vodafone (15%), Virgin Mobile (6.4), dan sisanya operator-operator lain. Telstra sering dianggap sebagai operator premium, tercepat di kecepatan akses dan jangkauan sinyalnya luas, tapi dianggap relatif lebih mahal. Bisa diibaratkan seperti Telkomsel di Indonesia. Optus merupakan penyedia jasa jaringan terbesar kedua di Australia dan Virgin Mobile merupakan anak perusahaan Optus. Keduanya menggunakan jaringan yang sama, hanya terdapat perbedaan fitur dan pelayanan. Vodafone merupakan operator yang cukup popular di kalangan mahasiswa, terutama mahasiswa Indonesia.

Berdasarkan rating whatphone.com.au yang diakses pada Oktober 2016, Telstra unggul dalam hal jangkauan jaringan dan Virgin unggul dalam pelayanan konsumen. Sementara Optus unggul dalam pelayanan konsumen dibandingkan Telstra dan Vodafone. Berdasarkan data tersebut, Vodafone termasuk yang paling rendah dari segi jangkauan sinyal dan pelayanan konsumen. Namun, berdasarkan survei yang diadakan pada September 2016, Vodafone merupakan operator pilihan kebanyakan awardee LPDP. Lalu, kenapa Vodafone menjadi pilihan banyak awardee?

Jika pelayanan konsumen menjadi prioritas dalam memilih produk, tentu Kita sudah bisa menentukan pilihan disini. Begitu juga jika jangkauan sinyal yang luas dan kecepatan akses menjadi pilihan. Bagi yang sering kuliah field trip dan keluar city, mungkin Telstra merupakan pilihan yang pas. Namun, jika penghematan pengeluaran merupakan prioritas utama, masih banyak faktor lain yang perlu dipertimbangkan sebelum menentukan pilihan. Perbandingan operator utama di Australia dan Pilihan operator selular awardee LPDP Melbourne 2016 diperlihatkan di Gambar 5.

Gambar 5 Perbandingan operator utama di Australia (sumber: http://whatphone.com.au/guides/mobile-phone-coverage/) dan pilihan operator selular awardee LPDP Melbourne 2016 (105 responden)

Gambar 6 Perbandingan kualitas dan jangkauan sinyal antar operator: Telstra, Optus dan Vodafone. Virgin Mobile menggunakan jaringan yang sama dengan Optus. Peta besar merupakan peta sinyal untuk wilayah city dan sekitarnya. Semakin hijau warna di peta menunjukkan semakin kuat kekuatan sinyal yang ditangkap, sebaliknya semakin merah warna di peta menunjukkan semakin lemah sinyal yang ditangkap. Sumber: https://opensignal.com

Memilih Paket

Lebih dari setengah awardee LPDP Melbourne 2016 mengeluarkan biaya $30-50 setiap bulannya untuk telekomunikasi selular. Namun, ada sekitar tiga persen diantaranya mengeluarkan lebih dari $100 setiap bulannya. Perbedaan ini tergantung pilihan paket Kita. Pilihan operator sebenarnya tidak berpengaruh banyak ke pengeluaran Kita. Jika dicermati lebih mendalam, paket yang ditawarkan cukup kompetitif.

Secara umum, ada tiga kategori pilihan paket yang disediakan operator di Australia: pre-paid tanpa kontrak, paket kontrak tanpa smartphone, dan paket kontrak dengan smartphone. Paket tanpa kontrak dan kontrak tanpa smartphone sebenarnya tidak banyak perbedaan. Hanya saja, pada paket tanpa kontrak Kita melakukan pembelian paket secara manual setiap bulannya. Sedangkan pada pilihan kontrak, pembayaran otomatis dilakukan setiap bulannya melalui kartu debit Kita. Sebagian operator memberikan kuota data lebih dan bonus tertentu jika Kita memilih paket kontrak. Tujuannya, tentunya untuk mengikat konsumen. Paket bulanan dengan smartphone bermanfaat bagi Kita yang menginginkan smartphone baru ketika sampai di Melbourne. Pengeluaran telekomunikasi bulanan awardee LPDP Melbourne 2016 diperlihatkan di Gambar 7.

Gambar 7 Pengeluaran telekomunikasi bulanan awardee LPDP Melbourne 2016 (105 responden)

Paket Tanpa Kontrak dan dengan Kontrak

Pilihan tanpa kontrak merupakan yang paling leluasa, dan relatif lebih ekonomis. Kita bisa leluasa berganti paket ketika ada tawaran baru. Misalnya pada paket yang sekarang, dengan $30 Kita mendapat 1,5GB data, tapi dengan berganti ke paket baru dengan biaya yang sama Kita mendapat 3GB data. Program-program seperti ini sering ditawarkan operator.

Dilihat dari perbandingan paket yang ditawarkan per November 2016, terlihat kompetisi dalam penawaran paket data. Sementara untuk telpon dan SMS, rata-rata memberikan bebas nelpon ke semua operator, kecuali Telstra memberi batasan sampai senilai $700 ke operator lain pada penawaran paket paling rendahnya—saat tulisan ini ditulis tarif Telstra $2 per menit. Optus malah memberikan gratis streaming musik dari aplikasi tertentu, berlaku sampai 16 Juli 2017. Sedangkan Telstra memberikan streaming Apple Music gratis—jangka waktu tidak dijelaskan di website mereka. Dari perbandingan paket regular tanpa kontrak, Telstra dan Optus menawarkan kuota data lebih banyak dibandingkan tiga operator lainnya. Jika Kita memilih kontrak dalam jangka waktu tertentu, operator biasanya memberikan data lebih banyak. Tetapi, Kita terikat dengan operator tersebut sampai kontrak habis. Ketika batasan kuota habis, operator akan menambahkan secara otomatis sebanyak 1GB ke nomor Kita, dengan otomatis biaya tambahan $10 per 1 GB-nya. Perbandingan pilihan paket beberapa provider dan paket yang digunakan awardee LPDP 2016 diperlihatkan di Gambar 8.

Gambar 8 Perbandingan pilihan paket beberapa provider dan paket yang digunakan awardee LPDP 2016

Beragamnya pilihan yang ditawarkan menyebabkan memilih paket data dan operator sangat tricky. Cara paling mudah adalah bertanya pada teman atau awardee di Melbourne. Namun, jika ingin menang sebagai konsumen, sebaiknya sisihkan waktu untuk membandingkan paket yang ditawarkan. Pilih paket sesuai kebutuhan. Terkadang apa yang menjadi pilihan orang banyak belum tentu yang terbaik untuk kebutuhan Kita. Kebijakan Kita dalam memilih yang tepat bisa menghemat ratusan dollar selama berkuliah di Melbourne. Berikut perbandingan paket tanpa kontrak versus paket dengan kontrak:

Paket dengan Smartphone

Hanya dengan modal bukti mahasiswa dan nomor kartu debit, Kita bisa mendapatkan iPhone terbaru maupun Android tercanggih di Australia. Sesampai di Australia, Kita hanya cukup membuka rekening bank di Australia. Tak perlu menunggu Living Allowance cair untuk mendapatkan smartphone baru disini. Mungkin itulah kenapa, sebagian besar awardee LPDP membeli smarphone baru ketika sampai di Australia. Apakah ini pilihan yang bijak?

Perbandingan harga pada tabel dibawah mungkin bisa digunakan sebagai referensi (harga melalui website resmi masing-masing produk diakses pada 28 November 2016). SIM Only yang dibandingkan disini merupakan paket tanpa kontrak. Strategi marketing yang digunakan operator menyulitkan untuk bisa dibandingkan secara head to head. Opsi yang tersedia adalah dengan memilih paket yang paling comparable yang ditawarkan operator. Kita bisa membandingkan sendiri dengan paket kontrak atau paket lain sesuai dengan kebutuhan Kita.

Dari perbandingan pada tabel di atas, bisa dikatakan membeli smartphone terpisah sebenarnya lebih ekonomis. Kita juga memiliki keleluasan untuk berganti operator. Walaupun sebenarnya perbedaannya relatif tidak besar. Misalnya, jika Kita membeli iPhone 7 32Gb tanpa kontrak, harganya $1,079. Ditambah paket 6 GB data dengan biaya $40 sebulan, total biaya yang dikeluarkan $2,039. Dengan paket kontrak smartphone $96 per bulan, Kita mengeluarkan $2,376 selama dua tahun. Perbedaannya $337, tapi Kita mendapat ekstra 4 GB per bulan dibandingkan dengan pre-paid $40 per bulan. Jika Kita banyak berselancar di internet dengan smartphone Kita, ekstra 4 GB per bulan akan sangat berguna. Sebaliknya, jika smartphone Kita lebih sering terkoneksi Wifi, hanya menggunakan paket Kita untuk chatting dan mengakses social media, ekstra 4GB tidak akan terpakai.

Dengan Telstra, biaya paling sedikit yang akan Kita keluarkan selama 24 bulan adalah $2,184 (kuota 1 GB data per bulannya). Namun, penawaran dari operator lain bervariasi. Biaya yang dikeluarkan relatif sama jika menggunakan Optus maupun Virgin Mobile—Vodafone relatif lebih mahal.

Memilih paket kontrak dengan smartphone atau tidak, kembali lagi ke kebutuhan Kita. Sebagian mungkin tidak membutuhkan smartphone baru sesampai di Melbourne. Sebagian yang lain, mungkin terlalu berat mengeluarkan lebih seribu dollar di awal untuk mendapatkan smartphone kelas atas terbaru. Tapi memang, kehidupan dan perkuliahan disini akan sangat terbantu dengan adanya smartphone. Smartphone yang lebih canggih akan lebih memudahkan dalam banyak hal jika Kita paham menggunakan dan memanfaatkan fiturnya.

Berikut rangkuman kelebihan dan kekurangan paket SIM Only versus paket tanpa smartphone. Paket SIM Only dipilih tanpa kontrak dan dengan asumsi Kita membeli smartphone baru secara terpisah. Pilihan tanpa kontrak relatif lebih mudah dibandingkan. Kita bisa membandingkan sendiri dengan paket kontrak SIM Only.

FAQs

1. Saya ingin super hemat hidup di Melbourne, paket dan operator apa yang sebaiknya saya pilih?

Jika Kita ingin super hemat. Kita bisa memilih paket $30. Pilihan yang paling hemat adalah memilih tanpa kontrak. Kita bisa mengontrol pengeluaran Kita dan leluasa berganti paket ketika ada promosi paket baru yang memberikan kuota data lebih banyak. Jika tak puas dengan operator yang Kita gunakan, Kita juga bisa dengan mudah berganti operator dengan tetap mempertahankan nomor Kita. Pada paket saat tulisan ini ditulis November 2016, Kita mendapatkan 3GB data. Jumlah ini cukup memadai sebenarnya selama Kita tidak men-download file besar lewat paket data Kita.

Wifi banyak tersedia di Melbourne. Ketika di kampus dan di rumah, dapat dipastikan Kita memiliki akses Wifi. Ketika Kita berada di kampus lain pun, Kita dapat menggunakan akun kampus Kita lewat fasilitas eduroam. Ketika Kita berada di luar Australia, Kita tak perlu mengisi ulang smartphone Kita. Tergantung course, Kita kemungkinan memiliki jatah libur semester total sekitar 6-8 bulan, dengan asumsi perkuliahan master 2 tahun. Jika selama libur Kita tidak di Australia, Kita bisa menghemat $180-240. Kartu Kita akan tetap aktif selama 6 bulan berturut-turut tidak digunakan—cek lagi dengan operator pilihan Kita.

Pilihan operator yang paling hemat berdasarkan data saat tulisan ini ditulis (November 2016) adalah Telstra dan Optus. Telstra lebih unggul dalam kualitas jaringan, baik kecepatan maupun jangkauan. Namun, keduanya juga memiliki tawaran fitur lain yang menjadikan keduanya cukup kompetitif. Pilihan Kita tergantung kebutuhan Kita.

2. Antara Optus dan Vodafone, pilihan mana yang lebih bagus?

Optus dan Vodafone merupakan pilihan kebanyakan awardee LPDP. Namun, hampir 80% menggunakan Vodafone. Menurut perbandingan penawaran paket yang ada saat tulisan ini ditulis, sebenarnya Optus jauh lebih hemat. Kualitas jaringan yang ditawarkan juga lebih berkualitas dan luas dibandingkan Vodafone. Optus juga unggul dari segi pelayanan konsumen menurut survei.

3. Kenapa Vodafone begitu popular di kalangan awardee LPDP?

Salah satu awardee pengguna Vodafone menyatakan Vodafone populer di kalangan awardee karena adanya sistem referral. Sistem ini memberikan bonus tertentu kepada pengguna yang mengundang temannya menggunakan Vodafone. Namun, ada juga awardee yang lain pengguna Vodafone mengatakan dia memilih Vodafone karena banyak awardee memakai Vodafone. Penulis tidak melakukan survei tersendiri mengenai hal ini. Banyaknya awardee pengguna Vodafone menurut data menarik untuk dipelajari. Ada juga kemungkinan pada kawasan tertentu tempat tinggal awardee, gerai Vodafone lebih mudah diakses. Sebenarnya Kita bisa dengan mudah mendatangi gerai operator-operator tersebut untuk mengetahui penawaran dan merasakan sendiri pelayanan mereka. Untuk melakukan perbandingan, paling mudahnya mendatangi gerai-gerai di city. Akses ke city relatif sangat mudah dari kampus manapun. Tiga operator besar (Telstra, Optus, dan Vodafone) terletak pada perempatan Swanston St. dan Bourke St, hanya dua blok dari Melbourne Central Station. Virgin Mobile juga tak jauh dari lokasi tersebut.

4. Apakah ada opsi lain selain empat operator tersebut?

Telstra, Optus, dan Vodafone merupakan operator dengan penyedia jaringan sendiri. Selain operator-operator tersebut, masih ada beberapa operator lain yang menumpang jaringan ketiga operator besar tersebut. Operator-operator tersebut, seperti Aldi, Coles, Woolworth, TPG, Amaysim, dll. Kita bisa menggunakan website https://whatphone.com.au untuk membandingkan paket mereka.

Final Remark

Tulisan ini dirancang bukan untuk mempengaruhi Kita memilih antara operator satu di atas yang lainnya. Penulis tidak mempunyai afiliasi dengan operator-oparator yang dibahas di atas. Tulisan ini lebih ditujukan untuk memberikan gambaran kritis dalam memilih penyedia layanan komunikasi selular di Melbourne dan Australia secara umum. Kita juga tentunya menyadari bahwa tarif dan paket yang ditawarkan dapat berubah sewaktu-waktu. Pilihan kembali kepada Kita sebagai konsumen, menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan dan anggaran bulanan Kita. Meluangkan sedikit waktu untuk browsing di internet dan membandingkan sendiri sesuai kebutuhan Kita akan sangat menghemat pengeluaran Kita selama berkuliah di Australia. Semoga kita bijak dalam memilih dan tidak terjebak dengan strategi marketing operator-operator di Australia. Referensi (diakses November 2016):

IT Support

Kita bisa mendapatkan Microsoft Office terbaru secara gratis dari kampus Kita. Lisensi yang diberikan selama masa perkuliahan. Sementara itu beberapa software lain bisa didapat dengan gratis atau harga diskon. Berikut beberapa alamat website yang bisa diakses untuk masing-masing kampus.

Unimelb

Microsoft Office http://ask.unimelb.edu.au/app/answers/detail/a_id/6077/~/microsoft-office-365/

Software lainnya https://unimelb.onthehub.com/WebStore/ProductsByMajorVersionList.aspx?cmi_cs=1&cmi_mnuMain=84d81ab5-bc38-dd11-abb7-0030485a6b08/

http://studentit.unimelb.edu.au/study/software-locations/

Monash

Microsoft Office http://www.monash.edu/news/articles/downloadmicrosoft-office-365-forfree

Software lainnya https://www.monash.edu.au/esolutions/software/software-available-studentspersonal-devices/

RMIT

Microsoft Office https://community.its.rmit.edu.au/t5/IT-Knowledge-Base/Get-Microsoft-Office-365-for-free/ba-p/1769/

Software lainnya https://community.its.rmit.edu.au/t5/ITKnowledge-Base/Free-to-use-softwarefor-education/ba-p/216/

Deakin

Microsoft Office https://support.deakin.edu.au/kb_view_customer.do?sys_kb_id=cba3b0ded0b6d90008800ceda200d9df/

Software lainnya https://www.deakin.edu.au/software/

La Trobe

Microsoft Office http://www.latrobe.edu.au/students/it/office-365

Software lainnya http://www.latrobe.edu.au/students/it/software/

Mahasiswa juga bisa mendapatkan harga diskon untuk mahasiswa dengan menggunakan e-mail kampus. Beberapa website yang bisa digunakan:

Share This: